Selasa, 14 Mei 2013

BERAS COKELAT ORGANIK


Warnanya memang cokelat, aroma dan rasanya sangat khas, mirip ketan. Beras cokelat adalah beras yang tidak digiling atau setengah digiling, jadi bisa dikatakan mempunyai rasa sedikit seperti kacang dan lebih kenyal daripada beras putih. Meskipun lebih cepat basi, tetapi beras cokelat lebih bernutrisi.
Perbedaan Beras cokelat dan Beras Putih, sebenarnya antara keduanya tidak terlalu banyak berbeda. Perbedaan keduanya terletak pada pemrosesan dan kandungan nutrisinya. Jika lapisan terluar atau kulit ari/sekam dari biji padi dikupas maka
hasilnya adalah beras cokelat. Namun jika lapisan dalam atau kulit padi juga dikupas, maka hasilnya adalah beras putih biasa.
Beberapa jenis vitamin dan mineral akan hilang dalam proses penggilingan butir padi. Akibatnya, beberapa nutrisi yang hilang seperti vitamin B1, B3, dan besi seringkali ditambahkan kembali pada beras putih sehingga berlabel “diperkaya” (enriched). Sementara pada beras cokelat, satu jenis mineral yang tidak perlu ditambahkan adalah magnesium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar